Pengaruh media papan balik (flipchart) terhadap hasil belajar IPS materi pemanfaatan sumber daya alam kelas IV SDN Jepara 1 / 90 Surabaya

Jannah, Miftakhul (2022) Pengaruh media papan balik (flipchart) terhadap hasil belajar IPS materi pemanfaatan sumber daya alam kelas IV SDN Jepara 1 / 90 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Laporan Cek Plagiasi Full Text.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Media Papan Balik (Flipchart) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN JEPARA 1/90 Surabaya. Urgensi dari penelitian ini adalah perlunya usaha meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Proses pembelajaran IPS yang hanya memanfaatkan sumber belajar dari buku saja dan bersifat tidak interaktif dapat berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak maksimal. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen. Jenis desain yang digunakan adalah Quasi Experimental Desain. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa dan sampel penelitian berjumlah 36 siswa. Dalam pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda. Teknik tes yang digunakan adalah pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa: 1) Hasil Analisis data menunjukkan bahwa nilai rerata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 98,75 dan kelas kontrol sebesar 78,75. 2) Hasil uji hipotesis menggunakan uji T menyatakan dengan hasil pengujian hipotesis pair 1 dan 2 yang menolak H0 dan menerima Ha dengan nilai sig. 2Tailed 0,000 < 0,05dengan ini terdapat pengaruh penggunaan media papan balik (Flipchart) terhadap hasil belajar sebesar 39,696 siswa kelas IV SDN JEPARA 1/90 2021/2022. Kata Kunci : Media Papan Balik (Flipchart), Hasil Belajar IPS SD.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Papan Balik (Flipchart), Hasil Belajar IPS SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Miftakhul Jannah
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:33
Last Modified: 26 Sep 2022 03:33
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12459

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year