Gambaran histopatologi dan jumlah sel limfosit pada jaringan hepar yang di induksi aloksan dan ekstrak daun kembang bulan (Tithonia diversifolia) pada tikus wistar (Rattus norvegicus)

Vyernindia, Vemmy Degxa (2022) Gambaran histopatologi dan jumlah sel limfosit pada jaringan hepar yang di induksi aloksan dan ekstrak daun kembang bulan (Tithonia diversifolia) pada tikus wistar (Rattus norvegicus). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf

Download (269kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Dilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran histopatologi pada jaringan hepar dan jumlah sel limfosit pada darah tikus yang telah di induksi dengan aloksan dan ekstrak daun kembang bulan (Tithonia diversifolia) dan metformin pada tikus wistar (Rattus norvegicus). Sebanyak 24 ekor tikus wistar jantan berumur 2-3 bulan. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan yaitu P0 sebagai (kontrol), P1 (aloksan 100mg/kgBB dengan metformin 250mg/kgBB), P2 (aloksan 100mg/kgBB dengan CMC-Na1% ) dan P3 (aloksan 100mg/kgBB dengan ekstrak daun kembang bulan 300mg/kgBB). Pada tahap awal tikus dibuat mengalami diabetes dengan pemberian aloksan secara intraperitoneal, setelah tikus dinyatakan mengalami diabetes maka selanjutnya akan diberikan perlakuan berupa ekstrak daun kembang bulan, CMCNa 1% dan metformin secara peroral. Kemudian dilakukan nekropsi pada hari ke 15 untuk di ambil organ hepar dan darahnya untuk di lakukan pembuatan preparat histopatologi dan apusan darah, untuk mengetahui bagaimana lesi nekrosis dan degenerasi jaringan hepar serta bagaimana jumlah sel limfosit yang ada dalam darah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ekstrak daun kembang bulan berpengaruh terhadap perubahan histopatologi jaringan hepar dan terhadap jumlah sel limfosit darah pada tikus. Kata kunci: Aloksan, Daun kembang bulan (Tithonia diversifolia), Histopatologi hepar tikus, Sel Limfosit

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Aloksan, Daun kembang bulan (Tithonia diversifolia), Histopatologi hepar tikus, Sel Limfosit
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: Vemmy Degxa Vyernindia
Date Deposited: 13 Oct 2022 06:15
Last Modified: 13 Oct 2022 06:15
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12443

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year