Evaluasi kebijakan pembatasan jam malam terhadap pelaku UMKM dimasa pandemi covid - 19 (Studi kasus kota Maumere kabupaten Sika)

Florentino Gonzagius Guo Rande, Inno Randde (2022) Evaluasi kebijakan pembatasan jam malam terhadap pelaku UMKM dimasa pandemi covid - 19 (Studi kasus kota Maumere kabupaten Sika). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Plagiasi florentino.pdf

Download (141kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Pembatasan jam Malam merupakan Kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Pusat untuk menangani situasi pada saat itu yaitu situasi pandemic Covid-19, dampak dari pandemic ini juga sangat dirasakan diseluruh masyarakat di dunia tak terkecuai di Indonesia secara kusus di Maumere. PPKM ini mulai diberlakukan di kabupaten SIKKA pada saat mendapat intruksi dari pemerintah pusat pada tanggal 18 Oktober 2021 hingga 8 November 2021, adapun langkah-langkah yang diambil pemerintah daerah dalam menangani persoalan pandemic ini dengan cara mengeluarkan berbagai macam kebijakan berupa Peraturan Daerah, Peraturan Bupati, Instruksi, Keputusan Bupati, serta himbauan yang ditujukan kepada masyarakat untuk menjadi pedoman bersama dalam mencegah penyebaran virus corona. Kebijakan ini ditetapkan sebagai bentuk upaya nyata pemerintah dalam melindungi warga atau masyarakat dari serangan virus ini. Adapun beberapa kebijakan yang dikeluarkan oleh bupati sikka guna menurunkan tingkat covid-19 diantaranya ialah Peraturan Bupati SIKKA Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Percepatan Pencegahan Dan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Sikka, Surat Edaran Nomor. Satuan tugas. 305/C-19/VIII/2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 untuk pengendalian penyebaran corona virus disease 2019 dalam wilayah kabupaten Sikka, dan sesuai judul maka peneliti lebih spesifik meneliti tentang pembatasan jam malam yang dilakukan dikabupaten Sikka. Ada pun dampak yang di alami dari kebijakann ini bagi pelaku UMKM yang beroperasi pada malam hari antara lain ialah penurunan omzet sangat dirasakan terlebih kusus saat kebijakan pembatasan jam mala ini mulai berlaku secara spesifik penurunan omzet sangat dirasakan bagi masyarakat pada umumnya tak terkecuali para pelaku UMKM yang mulai beroperasi pada malam hari Kata Kunci: PPKM, Pembatasan Jam Malam, Pandemic Covid-19, Dampak

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPKM, Pembatasan Jam Malam, Pandemic Covid-19, Dampak
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences
Depositing User: Florentino Inno Randde Inno Randde
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:24
Last Modified: 23 Sep 2022 03:24
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12430

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year