Deteksi kandungan hidrogen peroksida, uji organoleptik dan fisik pada sarang burung walet (Collocalia fuciphaga) dengan pencucian menggunakan larutan jeruk nipis (Citrus aurantifolia S.)

Syahidah, Hanifah (2022) Deteksi kandungan hidrogen peroksida, uji organoleptik dan fisik pada sarang burung walet (Collocalia fuciphaga) dengan pencucian menggunakan larutan jeruk nipis (Citrus aurantifolia S.). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (815kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf

Download (27kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan organoleptik dan fisik serta adanya residu hidrogen peroksida pada sarang burung walet (Collocalia fuciphaga) dengan dilakukan pencucian menggunakan larutan jeruk nipis (Citrus aurantifolia S.)setelah dikontaminasikan oleh hidrogen peroksida. Metode penelitian ini adalah eksperimental dengan menggunakan 25 sarang burung walet (Collocalia fuciphaga) dengan 5 perlakuan yaitu P0 (Tanpa dilakukan pencucian), P1 (air mengalir), P2 (larutan jeruk nipis 4%), P3 (larutan jeruk nipis 6%), P4 (larutan jeruk nipis 8%). Sarang burung walet diberi perendaman larutan jeruk nipis selama 10 menit dan pembilasan air mengalir 15 detik. Hasil menunjukkan tidak adanya efektivitas perendaman larutan jeruk nipis (Citrus aurantifolia S.) terhadap residu hidrogen peroksida namun, berpengaruh terhadap perubahan organoleptik dan fisik pada sarang burung walet (Collocalia fuciphaga) dengan perubahan terbaik dari segi warna, bau dan kebersihan yaitu perlakuan P2 (larutan jeruk nipis 4%) menunjukkan warna putih bening, tidak berbau dan tidak ditemukan cemaran. Kesimpulan yaitu tingginya konsentrasi larutan jeruk nipis dapat menimbulkan perubahan fisik pada sarang burung walet tanpa menghilangkan kandungan hidrogen peroksida. Kata kunci : sarang burung walet, jeruk nipis, hidrogen peroksida, organoleptik

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: sarang burung walet, jeruk nipis, hidrogen peroksida, organoleptik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: Hanifah Syahidah
Date Deposited: 23 Sep 2022 00:21
Last Modified: 23 Sep 2022 00:21
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12425

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year