Korelasi Kadar Kolesterol Total dan LDL Serum Tikus Hiperkolesterolemia setelah Pemberian Ekstrak Daun Salam (Eugenia polyantha)

Tania, Putu Oky Ari (2018) Korelasi Kadar Kolesterol Total dan LDL Serum Tikus Hiperkolesterolemia setelah Pemberian Ekstrak Daun Salam (Eugenia polyantha). Univ. PGRI Adi Buana Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
5. Korelasi Kadar Kolesterol Total dan LDL Serum Tikus Hiperkolesterolemia setelah Pemberian Ekstrak Daun Salam (Eugenia polyantha).pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan herbal belakangan banyak ditemukan, terutama sebagai tanaman obat. Daun salam (Eugenia polyantha) adalah herbal yang banyak digunakan sebagai obat. Daun salam memiliki bahan aktif flavonoid, tannin dan vitamin B3 (niasin). Banyak penelitian menyatakan bahwa daun salam bermanfaat sebagai antikolesterol. Hiperkolesterol dapat terjadi dari asupan makanan tinggi lemak yang berkorelasi terhadap terjadinya aterosklerosis dan bermacam masalah kesehatan lainnya. Aterosklerosis sangat terkait dengan peningkatan kadar LDL. Tingginya kadar LDL sebagai faktor risiko aterosklerosis. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kolesterol dan LDL pada tikus hiperkolesterol yang diobati dengan ekstrak daun salam. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan hewan coba ditikus jantan yang dibagi mejadi 4 kelompok yaitu KP, KN, P1, dan P2 semua tikus dikondisikan hiperkolesterolemia dengan pemberian diet tinggi lemak. P1 dan P2 adalah kelompok tkus hiperkolesterolemia yang diberikan ekstrak daun salam masing-masing dosis 0,72 dan 1,80 gram. Pada akhir perlakuan semua kelompok diterminasi dan diisolasi darahnya untuk dihitung kadar kolesterol total dan LDL pada tiap ekor tikus. Pada KP; KN; P1 dan P2 didapatkan rerata kadar kolesterol total adalah 37,4; 36,6; 44,8; dan 32,4 mg/dL, sedangka kadar LDL serum adalah 27,8; 23,8; 31,8 dan 25. Hasil uji statistik dengan korelasi Pearson menunjukkan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,007 dan Pearson Correation sebesar 1. Dapat disimpulkan bahawa ada korelasi yang kuat antara kadar kolesterol total dan kadar LDL pada serum.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 23 Sep 2022 04:09
Last Modified: 23 Sep 2022 04:09
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12414

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year