Penerapan rekayasa nilai pada gedung perkuliahan (Studi kasus gedung kuliah bersama dan laboraturium FEB UPN Veteran Jawa Timur)

DEVITA, RIZTA IVANIA (2022) Penerapan rekayasa nilai pada gedung perkuliahan (Studi kasus gedung kuliah bersama dan laboraturium FEB UPN Veteran Jawa Timur). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (25kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Proyek gedung bertingkat akan selalu membutuhkan anggaran biaya yang cukup besar seperti pada pembangunan sarana perkuliahan dan laboratorium FEB UPN “Veteran” Surabaya. Besarnya anggaran biaya yang dibutuhkan selalu menjadi pusat perhatian masyarakat, sehingga perlu untuk ditinjau kembali desain yang telah direncanakan agar lebih efektif dan optimal. Peninjauan kembali desain rencana, menuntut para kontraktor atau konsultan untuk berpikir lebih kreatif seiring semakin majunya inovasi metode pelaksanaan pada proyek gedung bertingkat. Pembangunan sarana perkuliahan dan laboratorium FEB UPN “Veteran” Surabaya memiliki nilai kontrak lebih dari 1 milyar, sehingga memenuhi Peraturan Departemen Pekerjaan Umum Nomor 222/KPTS/CK/1991 Direktorat Jendral Cipta Karya bahwa bangunan yang mempunyai nilai atau biaya pembangunan lebih dari 1 milyar maka dapat digunakan analisis Rekayasa Nilai guna meningkatkan nilai dan kualitasnya. Analisis ini bertujuan untuk dapat menentukan elemen pekerjaan mana saja yang bisa diterapkan dengan Rekayasa Nilai dan menentukan besaran penekanan anggaran yang bisa didapat dari Rekayasa Nilai. Penerapan Rekayasa Nilai pada pembangunan sarana perkuliahan dan laboratorium FEB UPN “Veteran” Surabaya dilaksanakan pada pelat dengan menggunakan alternatif sistem flat slab dan pracetak. Teknik atau metode yang digunakan dalam Rekayasa Nilai terdiri dari empat tahap yakni tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisis, dan tahap rekomendasi. Tinjauan yang diperoleh setelah melakukan penerapan Rekayasa Nilai pada pelat menggunakan alternatif sistem pracetak, yakni didapatkannya penghematan anggaran biaya sebesar Rp 4.464.988.792.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: RIZTA IVANIA DEVITA
Date Deposited: 22 Sep 2022 05:32
Last Modified: 22 Sep 2022 05:32
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12274

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year