Uji efektivitas ekstrak dan perasan daun pepaya (Carica papaya L.) sebagai larvasida nyamuk (Culex quinquefasciatus Say)

Moekti, Bima Satria (2022) Uji efektivitas ekstrak dan perasan daun pepaya (Carica papaya L.) sebagai larvasida nyamuk (Culex quinquefasciatus Say). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Plagiasi Bima.pdf

Download (188kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuat larvasida alami larva nyamuk Culex quinquefasciatus Say dengan menggunakan ekstrak dan perasan daun pepaya (Carica papaya L.) sebagai pengganti larvasida sintetik abate dan penelitian itu ditujukan untuk menyempurnakan penelitian yang dilakukan oleh La Taha dan Nur Inang. Penelitian dilakukan di Laboratorium Parasitologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Metode penelitian ini adalah metode rancangan acak lengkap dengan menggunakan larutan ekstrak daun pepaya 25% dan 30%, serta larutan perasan daun pepaya 15% dan 20% yang diuji selama 12 jam. Larva nyamuk Culex quinquefasciatus Say yang digunakan sebanyak 480 ekor larva instar III. Hasil penelitian menunjukan bahwa tiap perlakuan yang diberikan memberikan hasil yang berbeda-beda. Larutan ekstrak daun pepaya 25% dan 30% mampu membunuh 100% larva, larutan perasan daun pepaya 15% mampu membunuh 20% larva dan larutan perasan daun papaya 20% mampu membunuh 28.75% larva. Ekstrak daun pepaya dapat menjadi larvasida alami pengganti larvasida sintetik sedangkan perasan daun pepaya memiliki potensi menjadi larvasida alami pengganti larvaida sintetik. Kata kunci : Daun papaya, Ekstrak, Perasan, Larvasida

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Daun papaya, Ekstrak, Perasan, Larvasida
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: Bima Satria Moekti
Date Deposited: 22 Sep 2022 10:17
Last Modified: 22 Sep 2022 10:17
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12268

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year