Acute toxicity tes of katuk leaf extract (Sauropus androgynus) on heart histopatology white rat (Rattus norvegicus) strain Sprague dawley

Setiawan, Rudi (2022) Acute toxicity tes of katuk leaf extract (Sauropus androgynus) on heart histopatology white rat (Rattus norvegicus) strain Sprague dawley. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak etc.pdf

Download (758kB)
[img] Text
PLAGIASI.pdf

Download (37kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas ekstrak daun katuk terhadap gambaran histopatologi jantung yang diinduksi ekstrak daun katuk dengan dosis 50mg/kg, 500mg/kg, 5000mg/kg pada tikus putih selama 14 hari. Sebanyak 24 ekor tikus jantan dengan empat perlakuan, kontrol aquadest (P0), ekstrak dosis 50mg/kg, (P1), dosis 500 mg/kg, (P2), dosis 5000mg/kg, (P3). Tikus dieuthanasi dengan metode dislokasi cervicalis dan nekropsi dilakukan dengan mengambil organ jantung untuk dijadikan preparat dengan pewarnaan HE. Lesi yang diamati degenerasi, inflamasi, hemoragi dan nekrosis. Pengamatan dilakukan menggunakan mikroskop dengan perbesaran 400x lapang pandang. Kemudian hasil dianalisis dengan metode Kruskal Wallis dan Mann Whitney. Hasil pengujian Kruskal Wallis menunjukan terdapat perbedaan nyata (P<0,05) dan pengujian Mann Whitney menunjukan terdapat perbedaan nyata pada perlakuan ketiga (P3), sedangkan pada kelompok kontrol (P0), perlakuan (P1) dan perlakuan (P2) menunjukan perbedaan tidak nyata untuk perubahan degenerasi, inflamasi, hemoragi dan nekrosis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ekstrak daun katuk dengan dosis 5000mg/kg menimbulkan terjadinya inflmasi, nekrosis dan sebagai dampak toksisitas pada jantung tikus putih. Kata Kunci : Toksisitas, (Sauropus androgynus), jantung, tikus.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: Rudi Setiwan
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:28
Last Modified: 15 Sep 2022 02:28
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12213

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year