Perbandingan kandungan protein, lemak, berat jenis, dan bahan kering tanpa lemak (BKTL) pagi dan sore pada pemerahan susu sapi di KUD "Karya Bhakti" kecamatan Ngancar kabupaten Kediri

LATHIFAH, ERSYA NADHIFATUL (2022) Perbandingan kandungan protein, lemak, berat jenis, dan bahan kering tanpa lemak (BKTL) pagi dan sore pada pemerahan susu sapi di KUD "Karya Bhakti" kecamatan Ngancar kabupaten Kediri. Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma surabaya university.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PLAGIASI PROSENTASE.pdf

Download (24kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

PERBANDINGAN KANDUNGAN PROTEIN, LEMAK, BERAT JENIS, DAN BAHAN KERING TANPA LEMAK (BKTL) PAGI DAN SORE PADA PEMERAHAN SUSU SAPI DI KUD “KARYA BHAKTI” KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI Ersya Nadhifatul Lathifah ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbandingan antara kandungan susu sapi yang diambil pada pemerahan pagi dan pada pemerahan sore hari yang ditinjau dari pengujian protein, lemak, berat jenis dan bahan kering tanpa lemak. Data yang diperoleh dari penelitian uji berat jenis, kadar protein , lemak dan bahan kering tanpa lemak, dianalisis dengan uji T berpasangan menggunakan IBM SPSS Statistics. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil dari uji berat jenis dan kadar lemak pada pemerahan pagi hari dan sore hari terdapat adanya perbedaan nyata, dimana kadar lemak berada dibawah Standar Nasional Indonesia, sementara hasil uji kadar bahan kering tanpa lemak dan protein tidak terdapat perbedaan nyata, dimana hasil uji kadar bahan kering tanpa lemak dan protein berada dibawah Standar Nasional Indonesia. Hasil pengujian berat jenis dan kadar protein menunjukkan pemerahan pagi lebih baik dibandingkan pemerahan sore, sementara hasil pengujian kandungan bahan kering tanpa lemak dan lemak menunjukkan bahwa kadar pemerahan sore lebih baik dibandingkan pemerahan pagi. Penulis memberikan saran agar kualitas susu sapi perah memenuhi Standar Nasional Indonesia susu, melakukan pemeriksaan kesehatan dan kebersihan kandang secara rutin guna mencegah risiko penyakit dan memperhatikan hal – hal yang dapat mempengaruhi kualitas susu. Kata kunci : sapi perah, uji BJ, kadar protein, kadar lemak, kadar bahan kering tanpa lemak.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: sapi perah, uji BJ, kadar protein, kadar lemak, kadar bahan kering tanpa lemak.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: 82 Ersya Nadhifatul Lathifah UWKS
Date Deposited: 29 Aug 2022 09:10
Last Modified: 29 Aug 2022 09:10
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12058

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year