Sistem notifikasi buka/tutup pelindung untuk tanaman hidroponik berbasis rain sensor menggunakan raspberry pi pico rp 2040

Retna Kusumawati, Ike (2022) Sistem notifikasi buka/tutup pelindung untuk tanaman hidroponik berbasis rain sensor menggunakan raspberry pi pico rp 2040. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text
HASIL PRESENTASE CEK PLAGIASI TA IKE RETNA KUSUMAWATI.pdf

Download (69kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Sistem hidroponik merupakan teknik bercocok tanam dengan menggunakan media air. Budidaya secara hidroponik dapat meningkatkan kualitas pangan di indonesia, oleh karena itu menanam secara hidroponik ini membutuhkan pengawasan secara rutin, karena tanaman hidroponik tidak bisa terkena paparan hujan secara langsung. Apabila terkena hujan secara terus-menerus, maka tanaman dapat menjadi layu/mati. Sehingga pembudidaya harus melindungi tanaman hidroponik dari air hujan. Di era saat ini perkembangan teknologi yang semakin maju membuat pembudidaya memanfaatkan hal tersebut dengan cara menerapkan pelindung tanaman otomatis yang dapat melindungi tanaman hidroponik dari paparan hujan. Dengan adanya pelindung tanaman otomatis ini dapat mengurangi beberapa resiko yang terjadi pada tanaman. Maka dari itu pada penelitian ini merancang sistem otomatis buka/tutup pelindung tanaman hidroponik secara otomatis dengan menggunakan Rain Module Sensor yang berfungsi sebagai pendeteksi air hujan dan terdapat sensor pendukung yaitu sensor cahaya (Light Dependent Resistor) yang berfungsi sebagai intensitas cahaya, dan untuk mengirimkan sms menggunakan modul GSM yaitu SIM800L. Dalam pembuatan sistem ini menggunakan mikrokontroler yaitu Raspberry Pi Pico, dan untuk bahasa pemrograman menggunakan python. Kemudian alat ini akan menggerakkan motor servo sebagai pelindung tanaman dan mengirimkan notifikasi sms kepada pengguna. Sistem ini dibuat menggunakan model prototype yaitu secara model notifikasi buka/tutup pelindung tanaman hidroponik, alat ini dapat berkerja secara maksimal pada saat tetesan air mengenai bidang sensor rain sehingga pelindung dapat menutup serta mengirimkan notifikasi sms, apabila kondisi kering maka sebaliknya. Kata kunci : Hidroponik, rain module sensor, LDR, raspberry pi pico, notifikasi sms.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Hidroponik, rain module sensor, LDR, raspberry pi pico, notifikasi sms
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer Science or Informatics Study Program
Depositing User: Ike Retna Kusumawati
Date Deposited: 04 Aug 2022 00:51
Last Modified: 04 Aug 2022 00:51
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12017

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year