Pengaruh pemberian isopropyl isothiocyanate terhadap kadar TNF-α dan TGF-β pada tikus putih hamil dengan diabetes melitus

Rahayu, Elva (2022) Pengaruh pemberian isopropyl isothiocyanate terhadap kadar TNF-α dan TGF-β pada tikus putih hamil dengan diabetes melitus. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK__1.pdf

Download (414kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI-1.pdf

Download (13kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Isothiocyanates (ITCs) adalah salah satu senyawa padat untuk mengaktifkan persinyalan Nuclear factor-erythroid-2 related factor 2- The antioxidant responsive element (Nrf2-ARE), sehingga ekspresi gen target Nrf2 meningkat dan menekan peradangan, serta mengurangi stres oksidatif. Pada penderita diabetes melitus memiliki kadar glukosa ekstraseluler tinggi sehingga dapat menyebabkan peningkatan pembentukan ekspresi TNF-α, menambah stres oksidatif dan peningkatan produksi Reactive Oxygen Species (ROS). Tumor Necrosis Factor-α (TNF-α) bisa menyebabkan resistensi penurunan sensitivitas insulin. Transforming Growth Factor-β (TGF-β) merupakan mediator anti-inflamasi yang berperan pada proses seluler. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh pemberian isopropyl isothiosianat terhadap kadar TNF-α dan TGF-β pada tikus hamil diabetes melitus. Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi antara peneliti dengan Dr. dr. Harry K. Gondo, Sp.OG (K.FM).,SH.,M.Hum. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental laboratorik dengan menggunakan desain penelitian Control Group Post Test Design. Populasi dan sampel yang diambil adalah tikus putih betina strain wistar (R) yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 30 ekor tikus. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji post hoc dengan metode Least Significance Different (LSD). Data terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya sebelum dilakukan uji anova dan post hoc. Dan dari hasil analisis ditemukan adanya pengaruh pemberian isopropyl isothiocyanate terhadap kadar TNF-α dan TGF-β pada tikus putih hamil diabetes melitus. Dimana pada pemberian isopropyl isothiocyanate 16 mg/kg BB/hari ternyata mampu untuk menekan kenaikkan TNF-α, serta mampu meningkatkan Kadar TGF-β mendekati nilai kelompok kontrol negatif (-) yaitu kelompok tikus putih (Rattus norvegicus) hamil yang tidak diinduksi oleh aloksan.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: TNF-α, TGF-β, Tikus Putih Hamil, Diabetes Mellitus, Isopropyl isothiocyanate
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 Elva Rahayu UWKS
Date Deposited: 19 Jul 2022 05:25
Last Modified: 19 Jul 2022 05:25
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11854

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year