Viegas, Monica Natalia Melenia (2022) Pengaruh penggunaan plastik jenis hdpe (high density polyethylene) dengan pasir laut terhadap daya tahan lapis perkerasan aspal beton. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
ABSTRAK.pdf Download (698kB) |
|
Text
prosentase plagiasi.pdf Download (15kB) |
Abstract
Abstrak Agregat halus yang digunakan pada Laston biasanya berupa pasir sungai. Penggunaan pasir sungai saat ini menyebabkan terganggunya ekosistem sungai tersebut sehingga perlu memanfaatkan pasir laut yang relatif masih memungkinkan untuk dieksploitasi. Penelitian ini menggunakan pasir laut untuk campuran aspal serta penambahan berupa plastik jenis HDPE (High Density Polyethylene), dimaksudkan untuk meningkatkan berbagai karakteristik aspal, terutama dalam meningkatkan nilai stabilitas. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium perkerasan jalan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Campuran agregat menggunakan pasir laut sebagai agregat halus dan plastik jenis High Density Polyethylene dengan variasi kadar plastik yaitu 2% 4% 6%. Campuran aspal dengan 0% HDPE digunakan pasir sungai. Pembuatan benda uji menggunakan campuran AC-BC kemudian dilakukan pengujian dengan alat Marshall untuk mendapatkan nilai karakteristik Marshall yaitu nilai VMA,VIM,VFA,Stabilitas,Flow dan Marshall Quotient. Hasil pengujian menunjukkan bahwa campuran aspal dengan pasir laut dan penambahan plastik jenis High Density Polyethylene pada campuran aspal mempengaruhi nilai karakteristik Marshall. Nilai VMA terendah diperoleh pada HDPE 6% dengan kadar aspal 4,5 % sebesar 17,37 % lebih rendah dibanding aspal tanpa HDPE. Nilai VIM terendah diperoleh pada HDPE 2% dengan kadar aspal 5,5 % sebesar 3% lebih rendah dibanding aspal tanpa HDPE. Nilai VFA tertinggi terletak pada HDPE 6% dengan kadar aspal 5,5% sebesar 78,62 % dan nilai terendah terletak pada HDPE 0% dengan kadar aspal 4,5 % sebesar 67,89%. Nilai stabilitas tertinggi terletak pada HDPE 4% dengan kadar aspal 4,5% sebesar 1065,22 kg dan nilai terendah pada HDPE 0% dengan kadar aspal 5,5 % sebesar 941,718 kg. Nilai flow tertinggi pada HDPE 4% dengan kadar aspal 5,5 sebesar 3,8 mm dan nilai terendah terletak pada HDPE 0% dengan kadar aspal 4,5 % sebesar 3,4 mm. Nilai Marshall quotient terendah terletak pada HDPE 4% dengan kadar aspal 5,5 % sebesar 255,94 kg/mm lebih rendah dibanding aspal tanpa HDPE. Dari hasil pengujian tersebut diketahui bahwa campuran paling optimal yaitu pada campuran aspal dengan HDPE 4% yang dapat dilihat pada karaktersitik pengujian Marshall. Kata Kunci : Aspal Beton, Uji Marshall, HDPE,Pasir Laut
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Aspal Beton, Uji Marshall, HDPE,Pasir Laut |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program |
Depositing User: | 11 Monica Natalia Melenia Viegas UWKS |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:19 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:19 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11832 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year