Analisa perbaikan kerusakan jalan dengan metode Bina Marga di jalan Kakap - jalan Kranggan Tambak Osowilangun (ruas jalan nasional STA.0.00 - STA. 5.00)

Danu, Ahzam Zakarsy Septian (2022) Analisa perbaikan kerusakan jalan dengan metode Bina Marga di jalan Kakap - jalan Kranggan Tambak Osowilangun (ruas jalan nasional STA.0.00 - STA. 5.00). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
PLAGIASI 2.pdf

Download (93kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penyebab kerusakan jalan ada berbagai macam yakni umur rencana jalan yang telah dilewati, genangan air pada permukaan jalan yang tidak dapat mengalir akibat drainase yang kurang baik dan beban lalu lintas berulang yang berlebihan (overloaded) yang menyebabkan umur pakai jalan lebih pendek dari perencanaan. (Ahmad Utanaka, 2017). Ruas Jalan Kakap - Kragan, Tambak Osowilangun, Surabaya adalah salah satu jalan di kota yang sering terjadi kerusakan, oleh sebab itu perlu dilakukan pemerliharaan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan, mengetahui nilai prioritas jalan serta memberikan rekomendasi pemeliharaan yang tepat. Metode dalam penelitiaan ini mernggunakan metode Bina Marga. Berdasarkan hasil analisa kerusakan pada ruas Jalan Kakap - Jalan Kragan Tambak Osowilangun sejauh STA 0.00 – STA 5.00. Kesimpulannya yaitu jenis kerusakan yang ada antara lain retak rambut, retak buaya, retak memanjang, retak melintang, tambalan, alur, pelepasan butir, kegemukan, sungkur, kritring dan lubang Nilai prioritas jalan tersebut sebesar 7,4 yang mana jalan tersebut perlu dimasukan dalam progam pemeliharaan secara rutin. Nilai biaya yang diperlukan untuk pemeliharaan rutin berdasarkan hasil perhitungan rencana anggaran biaya adalah sebesar Rp. 5.200.229.424 (Lima Milyar Delapan Ratus Tiga Belas Juta Seratus Dua Puluh Satu Ribu Seratus Delapan Rupiah).

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Jenis-jenis kerusakan, Analisis Kerusakan Jalan, Metode Bina Marga
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: 11 Ahzam Zakarsy Septian Danu UWKS
Date Deposited: 13 May 2022 05:39
Last Modified: 13 May 2022 05:39
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11720

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year