Strategi pemenangan kandidat Eri-Armuji pada pilkada kota Surabaya tahun 2020

Mohammad Shalehah, Saleh (2022) Strategi pemenangan kandidat Eri-Armuji pada pilkada kota Surabaya tahun 2020. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAKkk.pdf

Download (948kB)
[img] Text
turnitin19%.pdf

Download (62kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Seiring perkembangan zaman, proses demokrasi di Indonesia sudah mengalami kemajuan dengan adanya keberadaan lembaga penyelenggara pemilu (KPU). Hal ini membuka peluang bagi Partai politik untuk berkembang. Partai politik harus mengaplikasikan berbagai praktek marketing untuk mendapatkan sentuhan langsung ke dalam Masyarakat. Pemerintah telah menyepakati pilkada yang dilaksanakan serentak akan digelar pada 9 Desember 2020. Kota Surabaya salah satu kota yang mengikuti pemilihan Kepala Daerah. Pada Pilkada ini, Kota Surabaya diikuti oleh 2 Pasangan Calon, yakni pasangan nomor urut 1 Eri Cahyadi,S.T.,M.T -Ir. Armudji (Erji) dan Pasangan nomor urut 2 diisi oleh Drs. Machfud Arifin - Mujiaman (MA) Masing-masing kontestan memiliki kekuatan yang membuat Pilkada menjadi sangat menarik dan kompetisi menjadi ketat. Kedua kandidat memiliki berbagai pendekatan berbeda untuk menarik perhatian pemilih, yakni masyarakat kota Surabaya. Ilmu marketing politik ini sangat cocok untuk diaplikasikan ke dalam kampanye dalam rangka mendapatkan simpati dari pemilih. Hal menarik pada Pilkada Kota Surabaya kemarin ialah keberhasilan Eri Cahyadi - Armuji yang merupakan keduanya birokrat dalam memenangkan pilkada Surabaya. Selain itu, peneliti pun merasa tertarik untuk mencermati pasangan Eri - Armuji yang kerap disingkat Erji ini dikarenakan pasangan ini selalu mengedepankan penampilan walikota sebelumnya dengan slogan “Meneruskan Kebaikan” yang bisa menjadi tempat tersendiri di benak masyarakat Surabaya terlebih masyarakat Surabaya mempunyai tingkat kepuasan yang sangat tinggi pada walikota sebelumnya yaitu Tri Rismaharini yang biasa dipanggil bu Risma. Penelitian ini dilakukan dengan tipe penelitian deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilakukan di 2 tempat, tempat pertama ada di tempat biasa berkumpulnya KARSA (Kita Arek Surabaya) yang adalah salah satu komunitas pendukung Eri�Armuji dan tempat kedua ialah kantor DPC PDIP kota Surabaya. Penelitian ini dimulai selama bulan November 2021 - Awal Januari 2022. Adapun pertanyaan riset seperti Apa saja faktor-faktor kekuatan pasangan Eri Cahyadi - Armuji pada pilkada Surabaya 2020? Bagaimana strategi kemenangan Eri Cahyadi - Armuji pada pilkada Surabaya 2020? Fakta di lapangan bahwa strategi politik Eri Cahyadi - Armuji secara otomatis memakai strategi marketing “branding”. Erji memiliki branding yang kuat untuk merealisasikan kinerja Walikota sebelumnya yang secara riset masyarakat Surabaya memiliki tingkat kepuasan yang cukup tinggi. Kata kunci: Strategi Pemenangan.,Pilkada Surabaya 2020, PDI-P

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Pemenangan.,Pilkada Surabaya 2020, PDI-P
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Polotical Science Study Program
Depositing User: 52 shalehah saleh mohammad uwks
Date Deposited: 09 May 2022 04:54
Last Modified: 09 May 2022 04:54
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11709

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year