Peran story telling dalam peningkatan minat baca anak ( studi kasus di taman baca surga dongeng RW III dukuh kupang Surabaya)

Ardiansyah, Moch. Rendy Ardiansyah (2022) Peran story telling dalam peningkatan minat baca anak ( studi kasus di taman baca surga dongeng RW III dukuh kupang Surabaya). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (856kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (13kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Program Storytelling sering dilakukan oleh pustakawan untuk mendorong anak-anak yang masih belum lancar membaca dan kurang berminat terhadap membaca. Pada saat anak-anak mendengarkan cerita, maka mereka akan memberikan respon terhadap cerita itu. Pustakawan dapat meminta anak untuk menebak, membuat dugaan, mengidentifikasi karakter secara kreatif dan kritis. Bahkan anak-anak dapat diajak untuk membuat ilustrasi dari cerita yang telah didongengkan tersebut. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tahapan Storytelling, manfaat Storytelling pada anak dan peran Storytelling dalam meningkatkan minat baca anak di Taman Baca Surga Dongeng RW III Dukuh Kupang Surabaya. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam bentuk tabel-tabel frekuensi. Variabel yang digunakan adalah peran Storytelling dengan sub variabel tahapan Storytelling dan manfaat Storytelling. Populasi adalah pengunjung yang pernah mendapatkan Storytelling dan teknik sampling yaitu nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel secara insidental sampling yang berjumlah 20 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan observasi/pengamatan. Teknik pengolahan data menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel. Tahapan Storytelling yang dilakukan di Taman Baca Surga Dongeng RW III Dukuh Kupang Surabaya mendapat respon Sangat Baik 97,08 % dari pengunjung dalam hal bahasa yang digunakan pendongeng, gerak tubuh saat mendongeng, mendapatkan nilai tertinggi yakni 95% dan 85% dari pengunjung dalam Pemilihan Judul,pemilihan bahan bacaan, pengunaan mimik wajah, suara, tempo, melakukan reka ulang cerita, dan pemberian rekomendasi bahan cerita/bacaan. Manfaat Storytelling menurut anak yaitu 89,78 % Sangat Baik dari pengunjung dalam menumbuhkan sikap proaktif atau kreatif mendapatkan nilai 70%, serta menumbuhkan rasa simpati dengan nilai 65% dan dapat melatih daya konsentrasi, menambahkan kosa kata baru, menumbuhkan minat membaca dan memicu berpikir daya kritis dengan nilai 60%, Jadi Peran Storytelling Sangat Mendukung dengan nilai 93,95% dalam peningkatan minat baca anak.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Storytelling, Tahapan Cerita, Manfaat Cerita, Minat Baca, Taman Baca Masyarakat
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences
Depositing User: Moch Rendy Ardiansyah
Date Deposited: 27 Apr 2022 05:39
Last Modified: 27 Apr 2022 05:39
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11703

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year