Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Situbondo

Maisyaroh, Siti (2022) Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Situbondo. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi final.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Maisyaroh, Siti 2021. “Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Situbondo”. Skripsi program studi Pendidikan Matematika, Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Pembimbing I : Drs. Fatkul Anam, M.Si ; Pembimbing II : Herfa Maulina DS, S.Si, M.Pd ; penguji III : Suhartono, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Metode Socrates, perdebatan, tanya jawab, berpikir kritis. Metode Socrates adalah suatu metode pembelajaran yang dilakukan dengan percakapan, perdebatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling berdiskusi dan dihadapkan dengan suatu deretan pertanyaan�pertanyaan, yang dari serangkaian pertanyaan-pertanyaan itu diharapkan siswa mampu/ dapat menemukan jawabannya, saling membantu dalam menemukan sebuah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui efektivitas metode pembelajaran Socrates untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Situbondo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Situbondo. Peneliti menggunakan metode Socrates untuk memperoleh data keefektifan hasil belajar siswa yang meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) Dari hasil observasi aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran tergolong sangat baik dengan perolehan presentase aktivitas guru sebesar 92,65 %; (2) Hasil observasi aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran tergolong sangat baik dengan perolehan presentase aktivitas siswa sebesar 88,24 %; (3) Metode Socrates yang diterapkan dalam penelitian ini mendapat respon yang positif dengan presentase siswa yang menjawab setuju sebesar dan memberikan respon positif; (4) Hasil belajar matematika yang dicapai siswa kelas VII ix SMP Negeri 3 Situbondo setelah diterapkan metode pembelajaran Socrates pada materi perbandingan dengan rata-rata kelas sebesar 77,1875, persentase ketuntasan belajar sebesar 87,5 % dan telah mencapai ketuntasan belajar. Dari keempat indikator terpenuhi maka metode pembelajaran Socrates efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Situbondo pada materi perbandingan

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Socrates, perdebatan, tanya jawab, berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Siti Maisyaroh
Date Deposited: 20 Apr 2022 04:01
Last Modified: 20 Apr 2022 04:01
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11598

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year