Penerapan value enginering dengan metode ahp (analytical hierarchy proces untuk menghitung penghematan biaya pada proyek konstriksi ( studi kasus: proyek hotel mrc - batu, malang)

Gani, MOCH. THOMAS ABDUL (2022) Penerapan value enginering dengan metode ahp (analytical hierarchy proces untuk menghitung penghematan biaya pada proyek konstriksi ( studi kasus: proyek hotel mrc - batu, malang). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
abstrak 21-04-2002_compressed.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Presentase Turnitin.pdf

Download (498kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Pembangunan Hotel MRC - Batu ini terjadi biaya yang tidak diperlukan yang bisa membuat rencana anggaran biaya akan semakin tinggi. Biaya pada pembangunan Hotel MRC - Batu dinilai terlalu tinggi maka perlu dilakukan optimalisasi nilai biaya proyek dengan menggunakan metode Value Engineering yang akan memangkas biaya - biaya yang tidak diperlukan dan mencari alternatif - alternatif yang efektif. Penerapan Metode Rekayasa Nilai pada penelitian ini menggunakan metode atau teknik Rencana Kerja Rekayasa Nilai (Job Plan) yaitu meliputi Tahap Informasi, Tahap Analisa Fungsi Tahap Kreativitas, Tahap Analisa, dan Tahap Rekomendasi. Berdasarkan hasil penelitian pada Hotel MRC - Batu, Malang. Dapat disimpulkan bahwa pekerjaan yang dapat dilakukan Valuee Engineering pada proyek MRC – Batu adalah pekerjaan plat, hasil penerapan value engineering diperoleh alternatif baru yang lebih efisien dalam segi biaya yaitu alternatif desain struktur plat tanpa balok atau Flat Slab, dari alternatif Flat Slab didapatkan total penghematan sebesar : 42,33% Perlu dilakukan penelitian ulang terkait penerapan sistem konstruksi pelat beton bertulang pada Hotel MR – C Batu, Malang karena keterbatasan waktu yang ada sehingga peneliti hanya bisa menggali dua alternatif desain pada struktur pelat beton bertulang ini.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Value Engineering
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: ST MOCH. THOMAS ABDUL GANI GANI
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:01
Last Modified: 22 Apr 2022 01:01
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11552

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year