Subtitusi pakan campuran cangkang telur dan kangkung air untuk meningkatkan pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus)

Adi, Purnama (2022) Subtitusi pakan campuran cangkang telur dan kangkung air untuk meningkatkan pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (829kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI .pdf

Download (23kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Ikan nila merah (Oreochromis niloticus) merupakan ikan air tawar yang digunakan masyarakat untuk memenuhi sumber protein hewani. Selain dagingnya yang enak, ikan nila merah (Oreochromis niloticus) termasuk ikan yang mudah untuk dibudidaya. Namun, salah satu masalah yang menjadi penghambat atau lambatnya pertumbuhan ikan nila merah (Oreochromis niloticus) ialah pakan. Pakan merupakan faktor penunjang yang sangat penting dalam budidaya ikan. Seiring berjalannya waktu hargabahan pakan menjadi mahal sehingga diperlukan bahan alternatif untuk menggantikan bahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan ikan nila merah (Oreochromis niloticus) yang diberi pakan campuran cangkang telur dan kangkung air (Ipomea aquatica). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), diulang 3 kali dan masing-masing ulangan terdapat 5 sampel. Adapun perlakuannya dengan memberikan pakan campuran cangkang telur dan kangkung air dengan konsentrasi sebagai berikkut : 1. 40%, 2. 35%, 3. 20%. 4. Kontrol (35%). Bahan yang digunakan adalah kedelai, jagung, bekatul, cangkang telur, kangkung air, dan tepung tapioka. Pengamatan kuantitas ikan nila merah dengan cara skoring 1 minggu, 2 minggu, 3 minggu, 4 minggu. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji ANAVA diperoleh hasil (α=0,00) untuk pertumbuhan panjang ikan, (α=0,00) untuk berat ikan. Hal ini membuktikan bahwa cangkang telur dan kangkung dengan konsentrasi protein 40% berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan ikan nila merah (Orepchromis niloticus). Untuk karakteristik pakan campuran cangkang telur dan kangkung air memiliki perbedaan dengan pakan sintetis buatan pabrik. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Pakan campuran cangkang telur dan kangkung air dapat meningkatkan pertumbuhan ikan nila merah (Oreochromis niloticus). (2) Untuk karakteristik pakan campuran cangkang telur dan kangkung air memiliki sifat lebuh mudah terlarut dalam air, memiliki warna coklat yang pekat, serta bentuk atau tekstur yang kasar.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Pakan Ikan, Cangkang Telur, Kangkung Air (Ipomea aquatica), Nila Merah (Oreochromis niloticus)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Language and Science > Biology Education Study Program
Depositing User: 64 Adi Purnama UWKS
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:12
Last Modified: 12 Apr 2022 02:12
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11447

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year