Pelaksanaan peradilan perdata melalui E-Court dalam masa pandemi covid-19 (Studi pada Pengadilan Negeri Gresik Kelas IA)

Apriyani, Rheina Mukti (2021) Pelaksanaan peradilan perdata melalui E-Court dalam masa pandemi covid-19 (Studi pada Pengadilan Negeri Gresik Kelas IA). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (894kB)
[img] Text
PLAGIASI.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul Pelaksanaan Peradilan Perdata Melalui E-court Dalam Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Pengadilan Negeri Gresik Kelas IA) bertujuan untuk menganalisa pelaksanaan peradilan perdata melalui sistem e-court pada masa pandemi Covid-19 dan menganalisa kelebihan serta kakurangan penerapan sistem e-court yang telah berjalan sebagai bahan evaluasi guna meningkatkan kualitas pelayanan peradilan. Bahwa peradilan elektronik merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung sebagai pemegang Kekuasaan Kehakiman melalui peluncuran e-court guna menjawab tantangan global sekaligus mewujudkan percepatan penangan kasus, permasalahan penanganan perkara yang sebelumnya dilakukan secara konvensional harus mulai dialihkan dengan mengoptimalkan fungsi e-court. Metode yang digunakan yaitu penelitian hukum empiris dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan wawancara secara lansung untuk mengetahui pelaksanaannya di Pengadilan Negeri Gresik Kelas IA dalam masa pandemic covid-19. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapati hasil bahwa sistem e-court mampu memfasilitasi dari proses administrasi, persidangan, hingga putusan. Untuk tahap persidangan dilakukan berdasarkan kesepakatan para pihak. Dengan adanya e-court ini mampu mendukung tercapainya asas peradilan cepat, sederhana dan juga biaya ringan. Adapun kendala dan hambatan yang dihadapi baik dari sisi internal maupun eksternal pengadilan sehingga pelaksanaanya masih belum maksimal, Namun manfaatnya sangat dirasakan terutama di masa pandemic covid-19 yang menjadikan kebutuhan untuk memiliki prosedur persidangan jarak jauh menjadi semakin mendesak sehingga terjadi peningkatan pendaftaran perkara melalui sistem e-court. Kata Kunci: Peradilan Perdata, E-Court, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Peradilan Perdata, E-Court, Pandemi Covid-19
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: 30 RHEINA MUKTI APRIYANI UWKS
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:35
Last Modified: 07 Apr 2022 01:35
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year