Pembentukan perilaku pada anak autism spectrum disorder (ASD) melalui pembinaan activity daily living (ADL) (studi kasus pada klien WA di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur)

Kristiana, Novi (2022) Pembentukan perilaku pada anak autism spectrum disorder (ASD) melalui pembinaan activity daily living (ADL) (studi kasus pada klien WA di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Peneliti bermaksud menggambarkan proses pembentukan perilaku pada anak Autism Spectrum Disorder (ASD) melalui pembinaan Activity Daily Living (ADL) yang merupakan hal-hal dasar yang diperlukan untuk mencapai kemandirian dan membangun keberfungsian sosialnya melalui Studi kasus pada klien WA di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Penelitian tentang Pembentukan Perilaku melalui Pembiasaan Activity Daily Living (ADL) pada anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) ini relevan dengan menggunakan penelitian kualitatif karena memenuhi karakteristik penelitian kualitatif, terutama dalam hal pengungkapan data secara mendalam melalui wawancara dan observasi. Peneliti memilih untuk menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan proses interaksi terhadap subjek penelitian sebagai proses interaktif dan partisipatif untuk mendapatkan sebab akibat yang ditimbulkan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan sesuai dengan teknik yang diterapkan dalam membentuk perilaku anak yang dipaparkan oleh Bandura dengan teknik Modellingnya (Bab 2 hal 19) yang menyatakan bahwa seseorang belajar memperoleh tingkah laku kompleks dengan cara mengamati perbuatan orang lain (modelling). Selain sesuai dengan teori milik Bandura, proses pembentukan perilaku melalui pembinaan Activity Daily Living (ADL) ini juga sesuai dengan teori yang dinyatakan oleh Skinner melalui teknik modifikasi perilakunya (Bab 2 hal 19) yang menyatakan bahwa perilaku tertentu muncul karena adanya penguatan (reinforcement), baik berupa sesuatu yang menyenangkan (reinforcement positive) atau tidak menyenangkan (reinforcement negative).Adapun proses pembentukan perilaku melalui pembinaan Activity Daily Living (ADL) pada klien WA dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal tersebut harus melalui banyak tahap dan proses agar tercapai hasil yang maksimal. Ada beberapa faktor pendorong dan penghambat dalam pembentukan perilaku pada klien WA melalui pembinaan Activity Daily Living (ADL). Kata Kunci : perilaku, pembentukan, Autism Spectrum Disorder (ASD), Activity Daily living (ADL), pembinaan

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: perilaku, pembentukan, Autism Spectrum Disorder (ASD), Activity Daily living (ADL), pembinaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Social Welfare Study Program
Depositing User: 53 Novi Kristiana Uwks
Date Deposited: 08 Mar 2022 02:13
Last Modified: 08 Mar 2022 02:13
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11070

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year