Strategi Pemasaran Cabai (Capsicum annum L.) Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Di Pasar Induk Pare Kabupaten Kediri

Steinela, Elisabeth Dwin (2022) Strategi Pemasaran Cabai (Capsicum annum L.) Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Di Pasar Induk Pare Kabupaten Kediri. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
a. ABSTRAK ELISABETH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
L. PLAGIASI %.pdf

Download (31kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Saat ini perkembangan bisnis kuliner makanan pedas sedang marak, mayoritas masyarakat Indonesia menyukai selera makanan yang pedas. Maka dari itu tentu akan terjadi permintaan cabai yang tinggi di pasar. Diperlukan strategi agar usaha cabai di Pasar Induk Pare Kabupaten Kediri terus melakukan ekspansi yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal serta menganalisis strategi pemasaran usaha cabai di Pasar Induk Pare Kediri. Simple random sampling ialah metode yang digunakan untuk menentukan responden. Responden pada penelitian ini yaitu 30 pedagang cabai. Pengumpulan data menggunakan metode data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan melakukan identifikasi evaluasi faktor internal (IFE) dan identifikasi evaluasi faktor eksternal (EFE), kemudian menentukan strategi yang tepat melalui matriks IE dan matriks SWOT. Hasil dari penelitian didapati faktor-faktor internal yang sangat mempengaruhi pemasaran usaha cabai di Pasar Induk Pare Kediri, ditinjau dari segi kekuatan ialah jumlah konsumsi cabai untuk masyarakat sangat tinggi sedangkan dari segi kelemahannya yaitu pedagang memberi modal terlebih dahulu kepada petani. Faktor eksternal yang sangat berpengaruh adalah adanya kemitraan antara petani, pedagang dan pelaku industri untuk memperluas jaringan pemasaran sebagai peluang dalam pemasaran usaha cabai sedangkan sistem pembayaran cabai menggunakan sistem gantungan yang merupakan salah satu ancaman bagi pedagang cabai. Ditinjau dari hasil analisa faktor-faktor IFAS dan EFAS yang menggunakan matriks kuadran SWOT, maka strategi pemasaran usaha cabai dalam kuadran I yang berarti kondisi ini memiliki arti positif untuk terus melakukan pemasaran usaha cabai di Pasar Induk Pare Kediri. Dengan memperhatikan dari beberapa strategi SO yang telah disusun maka salah satu strategi yang tepat adalah melakukan perluasan pemasaran dan distribusi komoditas cabai dengan memanfaatkan teknologi sosial media guna meningkatkan volume penjualan di dalam dan di luar Pasar Induk Pare Kediri secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: cabai, strategi pemasaran, SWOT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Agrotechnology Study Program
Depositing User: Elisabeth Dwina Steinela
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:16
Last Modified: 23 Feb 2022 01:16
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11047

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year