Analisis Sektor Pertanian, Kehutanan, Dan Perikanan Sebagai Sektor Potensial Yang Berkelanjutan Di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah

Danendra, Eriansyah Putra (2022) Analisis Sektor Pertanian, Kehutanan, Dan Perikanan Sebagai Sektor Potensial Yang Berkelanjutan Di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
A. Abstrak.pdf

Download (721kB)
[img] Text
L. Plagiasi Persen.pdf

Download (26kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Sebagai Sektor Potensial Yang Berkelanjutan Di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah”. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis potensi sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sebagai sektor basis/potensial 2) Menganalisis apakah sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan merupakan sektor berkelanjutan atau tidak. 3) Mengetahui gambaran pola dan struktur sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan di suatu wilayah. Sumber data yang dipakai dalam penulisan skripsi ini bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palu dan Provinsi Sulawesi Tengah dari tahun 2012 hingga tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi yaitu analisis Location Quotient, Dynamic Location Quotient dan Typologi Klassen. Hasil dari penelitian adalah Berdasarkan hasil analisis LQ sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan di Kota Palu dari tahun 2012-2019 merupakan sektor basis/potensial dengan nilai LQ sebesar 0,14 , artinya sektor pertanian, kehutanan dan perikanan untuk Kota Palu produksinya belum bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Kota Palu bahkan belum bisa di ekspor ke daerah lain atau ke mancanegara. Hasil persandingan analisis LQ dan DLQ menunjukan bahwa nilai LQ sebesar 0,14 sedangkan DLQ dengan nilai sebesar 5,34 ini menunjukkan bahwa sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan di Kota Palu dari tahun 2012-2019 sektor Andalan, artinya sektor pertanian, kehutanan dan perikanan saat ini non basis tetapi di masa yang akan datang sektor tersebut akan menjadi sektor basis. Hal ini menunjukkan bahwa sektor pertanian, kehutanan dan perikanan di Kota Palu merupakan sektor berkelanjutan. Hasil dari analisis tipologi klassen yaitu, rik > ri dan yik < yi maka pola dan struktur dari sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan di Kota palu dapat di nyatakan menjadi sektor yang berkembang cepat.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PDRB, Sektor Agribisnis, LQ, DLQ, Tipologi Klassen.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Agribusiness Study Program
Depositing User: Danendra Eriansyah Putra
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:22
Last Modified: 23 Feb 2022 01:22
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11045

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year