Analisa faktor genetik terkait estrogen receptor terhadap kejadian kanker payudara pada wanita

Nugraha, I Gede Wisnu (2022) Analisa faktor genetik terkait estrogen receptor terhadap kejadian kanker payudara pada wanita. Bachelor (S1) thesis, Wijayakusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK 18700047 I Gede Wisnu Nugraha.pdf

Download (660kB)
[img] Text
HASIL CEK PLAGIASI 18700047 I Gede Wisnu Nugraha.pdf

Download (32kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id/

Abstract

Kanker payudara adalah keganasan yang berasal dari sel-sel payudara. Beberapa faktor resiko yang dapat memunculkan kejadian kanker payudara pada wanita diantaranya ada faktor genetik dan non genetik. Faktor genetik diantaranya seperti riwayat penyakit dari keluarga dan riwayat kelainan bawaan. Untuk yang non genetik dipengaruhi oleh faktor demografi, faktor lingkungan, reproduksi, dan kelainan lain. Faktor genetik sangat dipengaruhi oleh faktor hormonal yaitu hormon estrogen dan hormon progesteron yang sangat berperan terhadap terjadinya kanker payudara pada wanita. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa faktor genetik terkait estrogen receptor terhadap kejadian kanker payudara pada wanita. Penelitian ini menggunakan metode narrative review (NR), dimana data penelitian diperoleh dari hasil studi yang telah dilakukan oleh peneliti terdahulu lainnya. Sumber data berupa jurnal artikel yang diperoleh dari pencarian Google Scholar, Pubmed, dan Proquest. Dalam penelitian ini akan dianalisa secara detail fungsi dan cara kerja gen terkait Estrogen Receptor α dan Estrogen Receptor β. Dari data hasil pencarian didapatkan bahwa gen-gen estrogen receptor α dan β dipisahkan melalui 5 mekanisme fungsi yaitu proliferasi sel, apoptosis, gen suppressor tumor, migrasi/metastasis dan angiogenesis yang berhubungan dengan kanker payudara. Kesimpulan dari data tersebut dilihat dari mekanisme yang terjadi pada upregulasi dan downregulasi pada gen estrogen receptor α dan β terlihat lebih dominan pada mekanisme peningkatan/penghambatan proliferasi sel. Dimana ER β berperan sebagai modulator negatif pada aksi ER α yang memberi efek supresi pertumbuhan dimana efek berlawanan tersebut dapat menghasilkan proses proliferasi jaringan yang seimbang. Kata Kunci: Kanker Payudara, Reseptor Estrogen, Aktivasi gen terkait ER α, Aktivasi gen terkait ER β, Gen + kanker payudara.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kanker Payudara ; Reseptor Estrogen ; Aktivasi gen terkait ER α ; Aktivasi gen terkait ER β ; Gen + kanker payudara.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 I Gede Wisnu Nugraha UWKS
Date Deposited: 16 Feb 2022 01:01
Last Modified: 16 Feb 2022 01:01
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year