Hubungan Merokok dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Angkatan 2017

Habibie, Ilham Akbar (2022) Hubungan Merokok dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Angkatan 2017. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (851kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf

Download (13kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Habibie, Ilham Akbar. 2022. Hubungan Merokok dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Angkatan 2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: dr. Meivy Isnoviana, SH.MH. Mahasiswa Fakultas Kedokteran seharusnya sudah memahami ilmu kesehatan khususnya mengenai efek bahaya rokok bagi tubuh manusia seperti kanker, penyakit kardiovaskular, penyakit paru sampai kematian. Pada beberapa penelitian ditemukan apabila seseorang merokok maka kualitas tidurnya dapat terganggu. Dan masalah mahasiswa yang merokok ternyata juga ditemukan di Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan merokok dengan kualitas tidur mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan metode cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling yaitu total sampling. Untuk mengetahui kualitas tidur dalam penelitian ini menggukan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Hasil penelitian diketahui bahwa 20 responden yang perokok memiliki kualitas tidur buruk, 15 responden yang bukan perokok memiliki kualitas tidur baik, 11 responden yang bukan perokok memiliki kualitas tidur buruk dan 4 responden yang perokok memiliki kualitas tidur baik. Dari hasil penelitian memperoleh nilai p = 0,004 sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat hubungan antara merokok dengan kualitas tidur Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya angkatan 2017. Kata kunci: merokok, kualitas tidur, Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI).

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: : merokok, kualitas tidur, Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Habibie Ilham Akbar
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:15
Last Modified: 02 Feb 2022 04:15
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10882

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year