Kualitas pelayanan pembuatan e-ktp di kecamatan wonokromo, kota surabaya (studi kasus pandangan warga terhadap kualitas pelayanan e-ktp di kelurahan ngagel dan kelurahan sawunggaling, kecamatan wonokromo, kota surabaya)

Anshori, Umar (2018) Kualitas pelayanan pembuatan e-ktp di kecamatan wonokromo, kota surabaya (studi kasus pandangan warga terhadap kualitas pelayanan e-ktp di kelurahan ngagel dan kelurahan sawunggaling, kecamatan wonokromo, kota surabaya). Other thesis, university of wijaya kusuma surabaya.

[img]
Preview
Text
Upload Repository.pdf

Download (627kB) | Preview
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Pelayanan adalah kegiatan yang bertujuan untuk membantu menyiapkan atau mengurus apa yang diperlukan orang lain. Pelayanan publik yang baik akan menghasilkan kualitas pelayanan publik yang baik pula. Program E-KTP salah satu hasil bentuk program pelayanan pemerintah termasuk operatornya Kecamatan. Dalam Penelitian ini rumusan maslaah yaitu; Pertama, Bagaimana kualitas pelayanan publik Kecamatan dalam pembuatan E-KTP di Kelurahan Ngagel dan Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo ? Kedua, Apa yang menjadi kendala dan hambatan dalam proses pembuatan E-KTP di Kelurahan Ngagel dan Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo? . Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data menggunakan metode purposive sampling. Fokus penelitian ialah Kualitas Pelayanan Pembuatan E-KTP di Kecamatan Wonkromo. Sumber data penelitian ini ialah warga Kecamatan Wonokromo, pegawai Kelurahan Sawunggaling Wonokromo, pegawai Kecamatan Wonokromo. Dalam penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil pembahasan ialah (1) Standar waktu penyelesaian realisasiE-KTP. Hasil penelitian menunjukkan ketidaktepatan waktu proses realisasi e-KTP pada tahun 2017. Problemnya ketersediaan blangko e-KTP yang habis dari Dispendukcapil. (2) Standar persyaratan dan prosedur. Hasil pembahasan menunjukkan persyaratan dan procedural di Kecamatan Wonokromo sederhana dan mudah untuk dilaksanakan oleh warga proses administrasi e-KTP. Dengan kesederhanaan dan pelayanan dari pihak Kecamatan warga tidak merasa diberatkan dalam proses pembuatan e-KTP. (3) Partisipatif warga Kecamatan Wonokromo. Hasil pembahasan memperlihatkan antusias warga sangat baik dengan total data realisasi 110.654 warga telah melakukan realisasi proses e-KTP. (4) Sarana dan Prasarana. Hasil observasi lapangan menyajikan sarana dan prasarana di Kecamatan Wonkromo sangat lengkap. Sebagai salah satu Kecamatan yang dilengkapi alat pencetakan e-KTP sampai alat iris mata, maka peralatan proses e-KTP di Kecamatan Wonokromo sangat lengkap dan memadai. Proses kendala dan hambatan ditemui dilapangan dalam proses pembuatan e-KTP yaitu; (1) Ketersediaan blangko yang habis membuat proses pencetakan e-KTP di Kecamatan Wonkromo terhambat. (2) Ketepatan waktu proses realisasi akibat kendala teknis blangko e-KTP. (3) Sosialisasi kepada warga yang kurang optimal setelah ketersediaan blangko e-KTP.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, E-KTP, Pelayanan publik
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Polotical Science Study Program
Depositing User: Dadang -
Date Deposited: 16 Apr 2018 02:33
Last Modified: 16 Apr 2018 02:33
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item