Pengaruh durasi hiperglikemia terhadap ekspresi perlekan medulla renalis pada model tikus osteoartritis (rattus norvegicus strain wistar)

Yudistira, I Kadek Alam (2022) Pengaruh durasi hiperglikemia terhadap ekspresi perlekan medulla renalis pada model tikus osteoartritis (rattus norvegicus strain wistar). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (700kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf

Download (119kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id/

Abstract

Keadaan hiperglikemia menyebabkan peningkatan glikasi seluler, hal ini meningkatkan risiko timbulnya penyakit Osteoartritis. Salah satu penyebab meningkatnya morbiditas osteoartritis adalah gangguan terhadap perlekan. Perlekan adalah proteoglikan heparan sulfat tipe 2 yang menempel pada permukaan luminal sel endotel dalam pembuluh darah dan bertindak sebagai sensor aliran yang memberi sinyal kembali ke sel endotel dan otot polos untuk mengatur tonus pembuluh darah dan tekanan darah. Dari latar belakang diatas, penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, sebagai kelanjutan penelitian doktoral dosen : Dr. dr. Ibrahim Njoto, M.Hum., M.Ked., PA. mengenai pengaruh durasi hiperglikemia terhadap ekspresi perlekan Medulla Renalis pada model tikus osteoartritis (Rattus norvegicus strain Wistar) yang menggunakan metode simple random sampling serta menggunakan desain Post-Test Only Control Group Design dan metode ini juga digunakan untuk 3 kelompok OA + DM dan 1 kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan uji Kruskal-Wallis. Dan dari hasil analisis data yang dilakukan, dengan menggunakan tiga durasi hiperglikemia, yaitu durasi hiperglikemia minggu ke-3, 4 dan 6 dan mendapatkan hasil bahwa keadaan OA + DM berdampak pada ekspresi perlekan medulla renalis. Dimana nilai rata-rata nilai ekspresi perlekan medulla renalis pada kelompok ekspresi perlekan medulla renalis dengan durasi hiperglikemia minggu ke-3 yaitu sebesar 166,10 (a.u) dan pada kelompok minggu ke-4 yaitu sebesar 191,12 (a.u), serta pada kelompok minggu ke-6 yaitu sebesar 104,99 (a.u). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh durasi hiperglikemia terhadap ekspresi perlekan medulla renalis pada model tikus osteoartritis (Rattus Norvegicus Strain Wistar), terbukti dengan nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,002 < 0,05 yang memiliki arti semakin lama paparan durasi hiperglikemia menyebabkan penurunan ekspresi perlekan medulla renalis. Kata Kunci: Durasi Hiperglikemia, Ekspresi Perlekan Medulla Renalis, Osteoartritis.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Durasi Hiperglikemia, Ekspresi Perlekan Medulla Renalis, Osteoartritis
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 I Kadek Alam Yudistira UWKS
Date Deposited: 24 Jan 2022 05:36
Last Modified: 24 Jan 2022 05:36
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10759

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year