Perencanaan jalan perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan metode aashto 1993 di jl. Bangkingan–jl. Kebraon kota Surabaya

Nurrahmat, Ean Fadhillah (2021) Perencanaan jalan perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan metode aashto 1993 di jl. Bangkingan–jl. Kebraon kota Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
abstrak 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PLAGIASI.pdf

Download (330kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Abstrak : Perencanaan pembangunan Ruas Jalan Bangkingan – Jalan Kebraon merupakan jalan alternatif dari Kota Baru Driyorejo menuju ke Karang Pilang Kota Surabaya. Perencanaan pembangunan tersebut mengakibatkan terjadinya peningkatan volume kendaraan dan diikuti pula oleh penyempitan beberapa ruas jalan. Selain itu peningkatan volume kendaraan dapat terjadi seiring dengan pertambahan penduduk dan perkembangan pembangunan pada suatu wilayah. Sehingga dapat mengakibatkan kelebihan kapasitas jalan yang berakibat pada kerusakan jalan penting dilakukan perencanaan peningkatan jalan berupa perkerasan kaku di ruas Jalan Bangkingan – Jalan Kebraon agar mampu menahan beban dan umur rencana jalan menjadi lebih lama. Pada perencanaan rigid pavement ini digunakan metode AASHTO 1993. Berdasarkan dari perhitungan analisa kapasitas jalan direncanakan jalan 2/2 TT dengan lebar jalan 10 meter. Nilai Derajat Kejenuhan (DS) dari tahun 2021-2042 berada pada nilai <0,85 yang mampu menampung arus lalu lintas hingga 21 tahun, sedangkan untuk tahun 2043-2061 diketahui nilai DS > 0,85 yang berarti tidak dapat menampung arus lalu lintas hingga umur rencana. Maka disimpulkan perlu pengurangan kendaraan dengan melakukan pembatasan jam padat untuk kendaraan truk 2 sumbu dan truk 3 sumbu. Hasil perhitungan lain mengenai tebal perkerasan kaku didapatkan tebal perkerasan 32 cm dengan lapisan base 15 cm. Sementara, untuk sambungan dowel berdiameter 38 mm dengan panjang 450 mm, dan jarak 300 mm. Sambungan memanjang batang pengikat tie bars berdiameter 13 mm dengan panjang 650 mm dengan jarak batang pengikat 600 mm. Tulangan memanjang Ø12-250 mm. Tulangan melintang Ø12-250 mm. Berdasarkan hasil perhitungan perencanaan perkerasan kaku diketahui anggaran pembangunan sebesar Rp. 73.215.609.000,00 (Tujuh Puluh Tiga Milyar Dua Ratus Lima Belas Juta Enam Ratus Sembilan Ribu Rupiah)

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan metode aashto
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: 11 Ean Fadhillah Nurrahmat UWKS
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:19
Last Modified: 12 Oct 2021 04:19
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10444

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year