Identifikasi Kandungan Formalin Dan Jumlah Cemaran Bakteri Pada Cumi-Cumi (cephalopoda) Yang Dijual Di Pasar Wilayah Surabaya Utara

Day, Yosef Fernando Tawa (2021) Identifikasi Kandungan Formalin Dan Jumlah Cemaran Bakteri Pada Cumi-Cumi (cephalopoda) Yang Dijual Di Pasar Wilayah Surabaya Utara. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (916kB)
[img] Text
Plagiasi Persen.pdf

Download (19kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan formalin pada cumi (Cephalopoda) yang dijual di pasar wilayah Surabaya Utara. Pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah lima pasar, dengan masing masing pasar tiga sampel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengidentifikasi keberadaan formalin dan uji TPC pada cumi-cumi yang dijual di lima pasar wilayah Surabaya Utara. Berdasarkan hasil pengujian formalin terdapat tujuh sampel positif mengandung formalin dari total 15 sampel yang dikoleksi dari berbagai pasar di wilayah Surabaya Utara. Berdasarkan hasil pengujian total cemaran bakteri sampel cumi-cumi yang dijual di wilayah Surabaya Utara jumlah total cemaran bakterinya melebihi ambang batas SNI yang ditetapkan. Total jumlah bakteri pada cumi-cumi yang positif formalin cenderung lebih rendah, dibanding dengan yang tidak diberikan formalin. Maka berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat sejumlah tujuh sampel cumi-cumi yang positif formalin dari 15 sampel yang diambil di pasar wilayah Surabaya Utara. Semua sampel cumi-cumi dari pasar di wilayah Surabaya Utara memiliki nilai total cemaran bakteri diatas ambang batas penerimaan. Kata Kunci: Cumi-cumi, Formalin, TPC (Total Plate Count).

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Cumi-cumi, Formalin, TPC (Total Plate Count).
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: Yosef Fernando Tawa Day
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:35
Last Modified: 30 Sep 2021 04:35
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10336

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year