Efektivitas ekstrak daun mangga arum manis (Mangifera indica L.) sebagai pengawet alami terhadap masa simpan daging babi pada suhu dingin

Mendonca, Matilda Andriani (2021) Efektivitas ekstrak daun mangga arum manis (Mangifera indica L.) sebagai pengawet alami terhadap masa simpan daging babi pada suhu dingin. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (49kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN MANGGA ARUM MANIS (Mangifera indica L.) SEBAGAI PENGAWET ALAMI TERHADAP MASA SIMPAN DAGING BABI PADA SUHU DINGIN Matilda Andriani Mendonca ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui masa simpan daging babi yang diberi ekstrak daun mangga arum manis dengan konsentrasi yang berbeda pada penyimpanan suhu dingin. Parameter yang diuji adalah jumlah mikroba (TPC) dan nilai derajat keasaman (pH). Penelitian dilakukan di Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Daging babi yang digunakan diambil dari Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 ulangan dan 4 perlakuan yaitu P0 (kontrol; tanpa perlakuan), P1 (ekstrak daun mangga arum manis 25%), P2 (ekstrak daun mangga arum manis 30%), dan P3 (ekstrak daun mangga arum manis 35%) dengan lama perendaman 30 menit, kemudian disimpan pada suhu dingin (5-10 ͦ C). Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan uji statistik Analysis of Varian (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak daun mangga arum manis dengan konsentrasi 35% pada daging babi yang disimpan pada suhu dingin memiliki masa simpan paling lama yaitu 6 hari yaitu dengan nilai total bakteri 6,5 x 106 cfu/g dan nilai derajat keasaman (pH) yaitu 5,64. Kata Kunci: nilai derajat keasaman (pH), TPC, ekstrak daun mangga arum manis, daging babi, suhu dingin.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Keywords: acidity degree value (pH), TPC, arum manis mango leaf extract, pork, cold temperature.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: Matilda Andriani Mendonca
Date Deposited: 22 Sep 2021 05:56
Last Modified: 22 Sep 2021 05:56
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10205

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year