Kandungan protein kasar dan serat kasar silase pakan berbahan utama jerami padi (Oryza sativa L.) dengan lama inkubasi yang berbeda

sejati, selina putri (2021) Kandungan protein kasar dan serat kasar silase pakan berbahan utama jerami padi (Oryza sativa L.) dengan lama inkubasi yang berbeda. Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma.

[img] Text
abstrak 17820066.pdf

Download (2MB)
[img] Text
hasil plagiasi.pdf

Download (456kB)
Official URL: http:www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan protein kasar dan serat kasar pada silase pakan berbahan utama jerami padi (Oryza sativa L.) dengan lama inkubasi yang berbeda. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dengan 6 kali pengulangan. Perlakuan tersebut dilakukan setiap tujuh hari sekali selama 3 minggu. Keempat perlakuan tersebut adalah P0 (Kontrol dengan tidak dilakukan inkubasi), P1 (inkubasi selama tujuh hari), P2 (inkubasi selama empat belas hari), dan P3 (inkubasi selama dua puluh satu hari). Metode yang digunakan yaitu Analisa proksimat protein kasar dan serat kasar silase jerami padi. Hasil analisis data dengan menggunakan uji ANOVA menunjukkan bahwa dengan lama inkubasi yang berbeda terhadap silase jerami padi berpengaruh sangat nyata terhadap nilai kandungan protein kasar dan serat kasar. Rata-rata nilai protein kasar tertinggi ke terendah yaitu P3 sebesar (6,17), P2 sebesar (5,95), P1 sebesar (5,73), P0 sebesar (5,6) sedangkan untuk rata-rata nilai serat kasar terendah ke tertinggi yaitu P3 sebesar (14,22), P2 sebesar (15,24), P1 sebesar (18,63), P0 sebesar (19,87). Proses inkubasi silase jerami padi mengakibatkan kadar protein kasar meningkat dan kadar serat kasar menurun. Kata Kunci: Silase, jerami padi, protein kasar, serat kasar, lama inkubasi.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Silase, jerami padi, protein kasar, serat kasar, lama inkubasi.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: selina putri sejati
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:47
Last Modified: 23 Sep 2021 03:47
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10199

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year