Determinasi tingkat pendapatan petani cabai merah kabupaten Sikka ( studi kasus tingkat pendapatan petani cabai merah kecamatan Koting)

Hoere, michael antonio (2021) Determinasi tingkat pendapatan petani cabai merah kabupaten Sikka ( studi kasus tingkat pendapatan petani cabai merah kecamatan Koting). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK_Michael Antonio Hoere_17410006 (1) (1)-1-15.pdf

Download (592kB)
[img] Text
PERSENTASE__Michael Antonio Hoere_17410006.pdf

Download (26kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Negara Indonesia termasuk dalam kategoti negara agraris. Hampir semua penduduk yang tinggal di daerah pedesaan mempunyai mata pencaharian sebagai petani. Hingga saat ini bidang pertanian adalah bidang yang strategis serta memiliki peran penting pada perekonomian nasional dan kehidupan masyarakat, khususnya sumbangan terhadap PDB, ketersediaan lapangan kerja, dan ketersediaan pangan dalam negeri. Hal inilah yang kemudian menjadikan sektor pertanian memiliki potensi yang sangat baik untuk dikembangkan khususnya negara yang mempunyai luas wilayah yang besar. Ciri-ciri usahatani di Indonesia diantaranya adalah lahan yang terlalu sempit, modal yang terbatas, manajemen dan keterampilan petani yang rendah, daya produksi dan daya guna yang rendah, serta penghasilan yang rendah. Penelitian ini bertujuan guna menelaah variabel-variabel yang menentukan tingkat penghasilan petani cabai merah di Kecamatan Koting, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Teknik simple random sampling yakni teknik yang dipakai guna menentukan sampel petani. Teknik pengambilan data yang dipakai adalah metode survei dimana pengumpulan data diadakan dengan wawancara. Teknik analisis pada penelitian ini yakni teknik regresi linier berganda dimana penghitungannya mengunakan SPSS. Hasil penelitian yang ditemukan adalah luas lahan serta hasil produksi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan cabai merah besar di Kecamatan Koting, Provinsi Nusa Tenggara Timur terbukti secara statistik. Kata Kunci: Penghasilan petani, Cabai merah, Hasil produksi

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Penghasilan petani, Cabai merah, Hasil produksi
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Economic and Business > Development Economics Study Program
Depositing User: 41 Michael Antonio Hoere uwks
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:09
Last Modified: 23 Sep 2021 03:09
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year