Uji alkohol, reduktase dan tTtal Plate Count pada susu kambing peranakan etawa (PE) Post-Thawing yang dikoleksi dari peternakan valenta Surabaya

Kuswanto, Arya Surya (2021) Uji alkohol, reduktase dan tTtal Plate Count pada susu kambing peranakan etawa (PE) Post-Thawing yang dikoleksi dari peternakan valenta Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Plagiasi 2.pdf

Download (12kB)
Official URL: http://www.uwks.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kualitas susu kambing PE di Peternakan Valenta Surabaya dengan melakukan uji alkohol, uji reduktase, dan total plate count. Kambing yang digunakan dalam penelitian adalah kambing PE yang sedang laktasi di peternakan Valenta Surabaya. Uji kualitas susu dilakukan di Laboratorium Kesmavet Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma (UWKS) di Surabaya. Pengamatan dilakukan terhadap susu dari 15 ekor kambing. Peubah yang diamati meliputi uji alkohol, uji reduktase, dan total plate count. Berdasarkan hasil penelitian uji alkohol 8 sampel negatif dan 7 sampel positif ( 53% negatif menggumpal, 47% positif menggumpal ). Hasil uji reduktase yang di dapat mempunyai nilai rata-rata 6,56 ± 1,67 jam memenuhi Standar Nasional Indonesia atau SNI minimal 5 jam. Hasil total plate count yang didapat mempunyai nilai rata-rata 1,2 ± 1,04 x 105 CFU/ml memenuhi Standar Nasional Indonesia atau SNI maksimal 1 x 106 CFU/ml. Disimpulkan bahwa kualitas susu kambing PE dilokasi penelitian sudah baik dan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia tahun 2011, perlu diperhatikan untuk segera melakukan penyimpanan susu setelah pemerahan untuk meningkatkan kualitas susu.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Susu Kambing PE, Uji Alkohol, Uji Reduktase, total plate count.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: Arya Surya Kuswanto
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:56
Last Modified: 22 Sep 2021 03:56
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10087

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year