Efektivitas ekstrak belimbing (Averrhoa bilimbi) sebagai bahan pengawet pada daging ikan nila (Oreochromis niloticus) dilihat dari pH dan Total Plate Count (TPC)

Novianto Meska Pratama, Novianto (2021) Efektivitas ekstrak belimbing (Averrhoa bilimbi) sebagai bahan pengawet pada daging ikan nila (Oreochromis niloticus) dilihat dari pH dan Total Plate Count (TPC). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK-dikonversi-dikompresi.pdf

Download (611kB)
[img] Text
20210918_133610-dikonversi-dikompresi.pdf

Download (136kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

EFEKTIVITAS EKSTRAK BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi) SEBAGAI BAHAN PENGAWET PADA DAGING IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DILIHAT DARI NILAI pH DAN Total Plate Count (TPC) Novianto Meska Pratama ABSTRAK Ikan dan produk hasil olahnnya merupakan bahan yang sangat mudah mengalami kerusakan. Belimbing wuluh mengandung senyawa antimikroba yang dapat mengawetkan ikan segar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan ekstrak belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) terhadap nilai pH dan Total Plate Count (TPC) pda daging ikan nila (Oreochromis niloticus). Daging ikan nila yang digunakan sebanyak 25 sampel. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dan 5 pengulangan. Kelima perlakuan tersebut adalah P0 Kontrol (50g daging ikan nila), P1 (50g daging ikan nila+5% ekstrak belimbing wuluh), P2 (50g daging ikan nila+10% ekstrak belimbing wuluh), P3 (50g daging ika nila+15% ekstrak belimbing wuluh), P4 (50g daging ikan nila+20%ekstrak belimbing wuluh). Pemerksaan sampel dilakukan pada jam ke 2. Data yang dianalisa menggunakan Uji ANOVA. Dari hasil analisa data untuk parameter nilai pH diperoleh nilai P0 berbeeda signifikan dengan P2, P3 dan P4 namun tidak berbeda signifikan dengan P1, P1 berbeda signifikan dengan P2 tetapi tidak berbeda signifikan dengan P3 dan P4. Sementara dari hasil Total Plate Count perlakuan P1, P2, P3 dan P4 memiliki perbedaan sigifikan terhadap P0. Hasil ini menunjukan bahwa ekstrak belimbing wuluh efektif sebagai bahan pengawet dan mengurangi jumlah angka pertumbuhan mikroba. Kata kunci : Daging Ikan Nila, Ekstrak Belimbing Wuluh, Nilai pH, Total Plate Count.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Daging Ikan Nila, Ekstrak Belimbing Wuluh, Nilai pH, Total Plate Count.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Vetenary Education Study Program
Depositing User: Novianto Meska Pratama Anto
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:43
Last Modified: 20 Sep 2021 02:43
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10084

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year