Penyusunan Laporan Keuangan UMKM berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah pada Nutriology Indonesia

Budianto, Giovani (2021) Penyusunan Laporan Keuangan UMKM berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah pada Nutriology Indonesia. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
GIOVANI BUDIANTO-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
turnitin.pdf

Download (51kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Aspek keuangan merupakan salah satu bagian penting dalam pengembangan kinerja UMKM. Permasalahan yang sering muncul dari hal tersebut antara lain adalah belum dikenalnya sistem pengelolaan keuangan pada perusahaan kecil mikro dan menengah, dan pada umumnya pengusaha belum mengetahui pentingnya laporan keuangan dan penggunaan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah untuk berbagai keperluan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pelaporan keuangan dan menerapkan penyusunan laporan keuangan UMKM berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah pada Nutriology Indonesia. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif, yaitu mengemukakan mengetahui permasalahan sehingga dapat disimpulkan tentang pelaksanaan dan alternatif pembahasan masalah yang dikemukakan dalam penelitian, yaitu penyusunan laporan keuangan UMKM berdasarkan SAK EMKM. Hasil penelitian mengemukakan bahwa Nutriology Indonesia membutuhkan laporan keuangan agar perusahaan dapat memiliki keteraturan laporan keuangan yang menggambarkan kondisi keuangan perusahaan secara benar dan akurat. Perusahaan dapat mengelola laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah, yaitu dengan menyusun catatan dan transaksi keuangan, dan selanjutnya perusahaan dapat menyusun jurnal transaksi harian maupun bulanan, menyusun buku besar perkiraan, dan melakukan penyusunan laporan keuangan yang berupa laporan posisi keuangan, laporan laba-rugi, dan laporan arus kas.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: : laporan keuangan, sak emkm
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: 43 Budianto Giovani
Date Deposited: 16 Sep 2021 11:01
Last Modified: 16 Sep 2021 11:01
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10061

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year