Identifikasi cemaran bakteri Salmonella Sp. serta pengujian kualitas daging ayam dari pasar tradisional di Surabaya Barat

Widodo, Mohammad Exceltyanto (2021) Identifikasi cemaran bakteri Salmonella Sp. serta pengujian kualitas daging ayam dari pasar tradisional di Surabaya Barat. Bachelor (S1) thesis, WIJAYA KUSUMA SURABAYA UNIVERSITY.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
plagiasi.pdf

Download (218kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui cemaran bakteri Salmonella sp. dan kualitas daging ayam di Pasar Tradisional Surabaya Barat. Sampel daging ayam yang digunakan sejumlah 37 Sampel dari 6 Kecamatan di Surabaya Barat, Metode uji yang digunakan untuk identifikasi adanya cemaran bakteri Salmonella sp. dan uji kualitas daging ayam dalam penelitian ini adalah penanaman pada media selektif Salmonella-Shigella agar, uji pewarnaan gram, uji biokimia, dan uji organoleptik. Analisis data disajikan dalam bentuk analisis kualitatif untuk memberikan hasil positif atau negatif dalam indetifikasi adanya cemaran bakteri Salmonella sp. Hasil dalam penelitian ini di temukannya bakteri Salmonella sp. sebesar 24,3% pada sampel daging ayam yang sangat membahayakan bagi kesehatan konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: This study aimed to ascertain contamination of Salmonella sp. and the quality of chicken meat in the West Surabaya Traditional Market. The samples of chicken meat were 37 samples from 6 sub-districts in West Surabaya. The test method used to ascertain of Salmonella sp. and the quality of chicken meat test were Salmonella-Shigella agar selective media, gram staining test, biochemical test, and organoleptic test. The data was analyzed by qualitative analysis to get the positive or negative results in identify the presence of Salmonella sp. The result in this study reported that 24.3% of the chicken meat sampel consist of Salmonella sp. which is precarious for consumers. Keywords : chicken meat; identification; traditional market; Salmonella sp.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Animal Health and Veteriner Public Health Study Program
Depositing User: Mohammad Exceltyanto Widodo
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:23
Last Modified: 23 Sep 2021 04:23
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10022

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year